Indonesia dan sampah plastik

Indonesia dan sampah plastik

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan permasalahan sampah sudah mengkhawatirkan. Indonesia termasuk dalam peringkat 2 di dunia sebagai penyuplai sampah plastik ke Laut setelah Cina.

Hal ini berkaitan dengan data dari KLHK yang menyatakan plastik hasil dari 100 toko atau anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam kurun waktu satu tahun saja, sudah melesat 10,95 juta lembar sampah kantong plastik.

Jumlah itu ternyata sama dengan luasan 65,7 hektare kantong plastik atau kurang lebih 60 kali luas lapangan sepak bola.

“Sampah Indonesia komposisi utamanya 60 persen organik, plastiknya 14 persen,” ujar dia.

Berdasarkan riset Jambeck (2015), Indonesia berada di podium ke2 dunia penyuplai sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 188,2 juta ton setelah Tiongkok yang mencapai 263,9 juta ton.

Berada di urutan setelah kita adalah negeri lumbung padi atau yang biasa kita kenal Filipina yang menghasilkan sampah plastik ke laut menggapai 83,4 juta ton, diikuti negri seribu pagoda atau Vietnam yang mencapai 55,9 juta ton, dan mutiara samudra hindia atau yang biasa kita sebut Sri Lanka yang mencapai 14,6 juta ton per tahun.

Setiap tahun pembuatan plastik menghasilkan kurang lebih delapan persen hasil pembuatan minyak dunia atau kurang lebih 12 juta barel minyak atau setara 14 juta pohon.

melebihi dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, dan 50 persen yang berasal dari kantong plastik tersebut dipergunakan hanya sekali lalu langsung dibuang. Dari data tersebut, hanya lima persen yang sungguh-sungguh di daur ulang.

Berapa penurunan pemakaian kantong plastik dengan adanya uji coba plastik berbayar diterapkan pada 21 Februari 2016. Perkiraan hanya terpantau dari target pengurangan sampah plastik yang ditetapkan hingga 2019 tersebut.

Kebijakan kantong plastik berbayar ditujukan untuk mengurangi Pemakaian sampah plastik. Namun hasilnya diragukan.Cara yang efektif adalah semua elemen dan unsur masyarakat ikut membantu mengurangi jumlah sampah dan limbah plastik yang bisa saja bertambah, dengan mengganti kantong plastik dengan goodiebag baik untuk para konsumen dan pengusah retail tokonya, karena goodiebag tidak sekali pakai,bahanya pun kokoh di banding plastik.goodiebag memiliki bahan yang mudah terurai oleh alam ini adalah opsi yang sangat bagus untuk mengurangi masalah plastik. jika anda berminat anda bisa langsung memesan kepada kami di no 0881-2567-756

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp ORDER DISINI